Capaian Kompetensi

Sebagaimana panduan dari KepMenDikNas No.045/U/2002, kompetensi utama adalah kompetensi yang bersifat dasar dan merupakan acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program  studi,  dan  ditetapkan oleh  kalangan perguruan  tinggi (program  studi sejenis) bersama masyarakat profesi dan pengguna.

 

Kompetensi Utama

Berdasarkan pertimbangan kebutuhan kompetensi utama lulusan, maka pada kurikulum 2012 Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Telkom ditetapkan kompetensi utama lulusan sebagai berikut:

  1. Mempunyai kemampuan menerapkan pengetahuan dibidang komputasi, rekayasa, matematika dan statistika dalam menyelesaikan permasalahan dibidang sistem informasi.
  2. Mempunyai kemampuan analisis untuk mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan data, informasi dan pengetahuan dari suatu organisasi (profit dan non-profit) atau komunitas secara koheren, detail, dan menyeluruh yang tidak terlepas dari strategi organisasi tersebut.
  3. Mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem informasi yang terdiri dari beragam komponen yang saling terkait antar satu dan lainnya, seperti: infrastruktur teknologi informasi (perangkat keras dan perangkat lunak), struktur organisasi, proses & prosedur dan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi.
  4. Mempunyai kemampuan komunikasi interpersonal dan bekerja dalam tim secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
  5. Memiliki kepribadian dan akhlak yang baik, profesional, bertanggung jawab, peka terhadap masalah sosial dan memiliki etika profesi.
  6. Mampu menganalisis dampak lokal dan global dari solusi sistem informasi berkaitan dengan individu, organisasi dan masyarakat.
  7. Mempunyai kemampuan untuk belajar secara mandiri seumur hidup, dan bersifat terbuka terhadap perkembangan yang ada.
  8. Mampu memakai teknik-teknik, keterampilan dan perlengkapan rekayasa yang diperlukan didalam membangun sistem informasi.
  9. Memiliki kemampuan untuk memahami proses bisnis dan manajemen yang mendukung untuk mengembangkan Sistem Informasi yang efisien, efektif dan adaptif.

Kompetensi utama lulusan merupakan bekal untuk menjalankan peran yang dapat dilakukan setelah menjalani semua proses pembelajaran di Program Studi Sistem Informasi. Selaras dengan perkembangan masa depan bidang IT, maka pada kurikulum 2012 dirancang agar mahasiswa dapat menentukan kompetensi pilihan pada bidang-bidang seperti Information System Developer, System Integrator, Database Specialist, IT Governance, Risk and Compliance Specialist dan Technopreuneur.  Kompetensi ini dihasilkan melalui serangkaian materi pembelajaran yang sesuai dengan matakuliah pilihan pada masing-masing peminatan mahasiswa. Profil khusus lulusan berdasarkan kurikulum 2012 dapat dilihat pada Tabel 5.2.

No Peran Lulusan Deskripsi Peran Lulusan
1 Information System Developer Lulusan sistem informasi universitas telkom memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, menerapkan dan mengevaluasi sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif. Pilihan Karir: Programmer, Application Architect, Application Auditor, System / Business Analyst
2 System Integrator Lulusan sistem informasi universitas telkom memiliki kemampuan dalam menganalisis, memodelkan proses bisnis dan data, mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menerapkan solusi berbasis sistem informasi guna membantu individu, kelompok dan organisasi dalam mencapai tujuannya. Pilihan Karir: Business Process Analyst, Enterprise Architect, ERP Specialist, IS Consultant, IS Project Manager
3 Database Specialist Lulusan sistem informasi universitas telkom memiliki kemampuan dalam menganalisis data, merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan basis data, dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem. Pilihan Karir: Database Designer, Database Programmer, Database Administrator, DataAnalyst
4 IT Governance, Risk and Compliance Specialist Lulusan sistem informasi universitas telkom memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, dan merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT  yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi. Pilihan Karir : IT & Networking Administrator, System Administrator, Security Administator, IT Consultant and Compliance
5 Technopreneur Lulusan sistem informasi universitas telkom memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah dimasyarakat.

Kompetensi Pendukung

Dengan pertimbangan bahwa kompetensi pendukung ditujukan untuk membekali lulusan agar dapat sukses dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi. Oleh karena itu kompetensi pendukung diarahkan pada pengembangan diri (personal-development) yang lebih  mengacu  pada  kemampuan  soft  skill.  Pada kurikulum 2012 Program Studi S1 sistem informasi universitas telkom, kompetensi pendukung lulusan ditetapkan sebagai berikut:

  1. Mempunyai keahlian yang unggul dibidang pengembangan aplikasi perusahaan, manajemen sistem informasi, digital marketing atau manajemen proses bisnis perusahaan.
  2. Memiliki pengalaman memanfaatkan perangkat lunak berbasis fungsi bisnis perusahaan.
  3. Mempunyai pengetahuan bisnis dan penerapannya dalam dunia nyata.

 

Penetatapan kompetensi pendukung tersebut didasarkan pada acuan KepMenDikNas No.045/U/2002 yang menyatakan bahwa, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya adalah kompetensi yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi dan ditetapkan oleh institusi penyelenggara.

 

Hal  ini sejalan dengan pengolahan data oleh unit CDC yang menunjukkan bahwa industri/stakeholder dalam melakukan rekruitasi atau promosi sangat mempertimbangkan kompetensi soft skill. Dari hasil pengolahan data tersebut, unit CDC merekomendasikan aspek soft skill yang diperlukan, dapat dilihat pada Tabel 5.3.

No. Soft Skill Persentase
1 Integritas (Etika dan Moral) 14%
2 Keahlian Berdasarkan Bidang Ilmu (Kompetensi Utama) 15%
3 Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya 14%
4 Penggunaan Teknologi Informasi 15%
5 Komunikasi 14%
6 Kerjasama Tim 14%
7 Pengembangan Tim 14%

(Sumber: CDC Universitas Telkom)

Kompetensi Lainnya

Kompetensi lainnya lulusan Program Studi S-1 Sistem Informasi universitas telkom ditetapkan sebagai berikut:

  1. Mengerti dan memahami ajaran salah satu agama yang diakui secara resmi di Indonesia.
  2. Menghayati nilai-nilai Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan Undang Undang Dasar 1945 dalam kehidupan bermasyarakat.

Penetapan kompetensi lainnya didasarkan atas KepMenDikNas No.045/ U/2002 yang menyatakan bahwa, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya adalah kompetensi yang bersifat khusus dan gayut dengan kompetensi utama suatu program studi dan ditetapkan oleh institusi penyelenggara.  Program Studi S-1 Sistem Informasi Universitas Telkom menetapkan kompetensi lainnya dengan pertimbangan bahwa setiap mahasiswa harus memiliki landasan keimanan dan landasan kenegaraan yang kuat sebagai bentuk tanggung jawab warga negara Republik Indonesia yang baik.