Layanan

Bimbingan dan konseling

Layanan Bimbingan dan konseling yang diberikan oleh Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Telkom diadakan untuk memberikan fasilitas mahasiswa untuk menyelesaikan masalah secara mandiri baik masalah personal maupun akademik. Layanan konseling tersebut terdiri atas 3 macam, yaitu :

  1. Bimbingan Akademik dalam bentuk perwalian. Proses konsultasi akademik dilakukan oleh dosen yang ditugaskan menjadi Dosen wali, ditetapkan dengan Surat Keputusan Dekan. Peran dosen wali adalah mengarahkan mahasiswa selama melaksanakan studi di Universitas serta mendukung pengembangan atmosfer akademik yang kondusif bagi keberhasilan studi mahasiswa.

 

  1. Bimbingan Konseling oleh Psikolog. Dilakukan terutama untuk menangani permasalahan non akademik yang tidak mampu ditangani oleh dosen wali atau kasus yang membutuhkan penanganan ahli (psikolog).

 

Bimbingan & Konseling Karir. Diselenggarakan oleh CDC Universitas Telkom untuk membantu mahasiswa dalam menentukan bidang karir yang sesuai dengan minat dan potensinya.

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler ini memberikan dampak manfaat di antaranya:

  • Meningkatnya kegiatan kemahasiswaan baik di skala Program Studi ataupun institusi
  • Meningkatnya tingkat partisipasi mahasiswa di dalam berbagai bentuk kompetisi kemahasiswaan
  • Meningkatnya prestasi mahasiswa baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional
  • Berkembangnya kemampuan mahasiswa di berbagai bidang, selain kemampuan akademiknya

Pembinaan soft skills

Pembinaan Soft skills bertujuan untuk pembinaan dan pengembangan dalam rangka membantu mempercepat proses adaptasi mahasiswa, mempersiapkan mahasiswa menjadi agen perubahan positif di lingkungan masyarakat dan membangun lulusan Universitas Telkom yang memiliki karakter yang unggul. Pembinaan soft skills dilakukan dalam berbagai kegiatan yang dikelola oleh Bagian Kemahasiswaan, CDC Universitas Telkom dan Fakultas/ Prodi .

Layanan Beasiswa

Layanan Beasiswa untuk seluruh mahasiswa Universitas Telkom dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Telkom yang berlokasi di Gedung L lantai 1. Informasi terkait layanan ini disampaikan kepada seluruh mahasiswa baru pada saat Orientasi Mahasiswa Baru, papan pengumuman yang tersebar di seluruh lingkungan Universitas Telkom, serta melalui website (http://studentaffairs.telkomuniversity.ac.id/beasiswa/).

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu sebagai penghargaan atas prestasi yang diperoleh atau sebagai bantuan pembiayaan karena keterbatasan kemampuan dalam menyelesaikan pendidikan, atau untuk kedua tujuan tersebut. Mahasiswa penerima beasiswa internal maupun eksternal harus melewati tahap seleksi berdasarkan persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh institusi sumber dana beasiswa. Setiap mahasiswa Program Studi Sistem Informasi memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa. Berdasarkan kriteria sumber dana asalnya, program beasiswa dapat dibedakan menjadi internal dan eksternal. Beasiswa internal adalah beasiswa yang bersumber dari dana internal institusi/ Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), antara lain berupa:

  1. a) Beasiswa JPU, yang diperuntukkan bagi siswa/ siswi SMA/ MA/ SMK semua jurusan (IPA, IPS dan Bahasa). Peserta yang dinyatakan lulus seleksi beasiswa JPU memperoleh pembebasan seluruh biaya pendidikan selama masa studi di Universitas Telkom, dengan persyaratan berbasis prestasi.
  2. b) Beasiswa JPA-OSN (Olimpiade Sains Nasional), yang diberikan kepada peserta peraih medali emas OSN dan peraih medali perunggu, perak maupun emas dalam Olimpiade Internasional. Penerima beasiswa ini diterima dengan beasiswa unggulan dan bebas memilih Program Studi. Sebagai timbal baliknya, mahasiswa penerima beasiswa ini diberikan tugas untuk menjadi atlet olimpiade sains tingkat nasional maupun internasional, serta menggerakkan studi grup untuk olimpiade sains.
  3. c) Beasiswa JPA-LKS (Lomba Kompetensi Siswa), yang diperuntukkan bagi siswa/ siswi SMK peserta LKS tingkat Propinsi dan Nasional. Persyaratan beasiswa ini serupa dengan persyaratan JPA-OSN.
  4. d) Beasiswa The Best Three, yaitu beasiswa untuk calon mahasiswa yang masuk dalam 3 besar hasil seleksi Ujian Tulis Gelombang 1.
  5. e) Beasiswa keringanan biaya pendidikan, ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik terbaik namun kemampuan ekonominya kurang, berdasarkan usulan oleh Ketua Program Studi ke Rektor.
  6. f) Beasiswa Bidik Misi dari yang disediakan dari Dikti (Pemerintah) melalui Kopertis dan ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan ekonomi yang kurang.

Sedangkan beasiswa eksternal adalah beasiswa yang bersumber dari dana di luar institusi. Beasiswa eksternal dapat berasal dari:

  1. a) Penyaluran program beasiswa Dikti, misalnya Program Bidik Misi, PPA, BBM, dll.
  2. b) Kerjasama dengan industri/ perusahaan, misalnya Asuransi Bumi Asih, Chevron, HP, Bank Mandiri, YPTI, PT. Telkom, KIKK, Kopertis, Telkom, Yayasan Supersemar, dll.

Beberapa bentuk layanan beasiswa untuk mahasiswa, antara lain:

  1. beasiswa penuh (uang kuliah + biaya hidup).
  2. beasiswa yang hanya membantu uang kuliah atau biaya hidup saja.
  3. beasiswa Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang diberikan untuk mahasiswa JPPA-U.
  4. bantuan pembebasan biaya kuliah di Universitas Telkom.

 

Kesehatan

Layanan kesehatan diberikan dalam bentuk:

  1. Layanan Poliklinik yang menjadi salah satu media bagi para civitas akademika dalam tindakan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) atau pun perawatan kesehatan yang tidak terlalu berat.
  2. Asuransi Kesehatan dalam bentuk Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Mahasiswa (JPKM).

Layanan Lainnya

  • Layanan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris

Dalam meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa, Institusi menyediakan layanan bagi Mahasiswa untuk membantu dalam tes, diantaranya : EPrT, English Self-Access Program (ESAP) dan English Communicative Competence Test (ECCT). Bagi Mahasiswa baru dapat memperoleh layanan ini secara gratis dan akan di sampaikan saat Orientasi Mahasiswa Baru untuk informasi selanjutnya, serta dapat diakses melalui website (http://lac.telkomuniversity.ac.id).

 

  • Layanan Perbankan

Universitas Telkom bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai Bank resmi dan terdapat Bank Mandiri Cabang Universitas Telkom dan beberapa ATM di kampus. Layanan Perbankan ini guna membantu Mahasiswa saar proses pembayaran atau transaksi lainnya. di kampus tersedia Bank Mandiri Cabang Universitas Telkom dan beberapa ATM.

  • Layanan Asrama

Universitas Telkom menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi Mahasiswa baru / tingkat awal. Terdapat 3 Asrama sebagai tempat tinggal Mahasiswa Baru, yaitu Asrama Putra, Asrama Putri dan Asrama khusus Mahasiswa International. Adanya Layanan ini, agar memudahkan bagi Mahasiswa yang berasal dari luar kota maupun luar negeri bisa mendapatkan tempat tinggal dengan mudah, dekat dengan kampus serta keamanan bagi Mahasiswa sendiri. Adapun Kegiatan pembinaan terhadap mahasiswa yang tinggal di asrama yang dilakukan secara rutin oleh Direktorat Kemahasiswaan Universitas Telkom.

  • Perpustakaan

Universita Telkom menyediakan perpustakaan yang terletak di dua gedung yang berbeda, yaitu gedung Learning Center Lantai 3–4 dan gedung Fakultas Komunikasi Bisnis Lantai 5. Perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku yang lengkap serta kumpulan skripsi.

 

  • Sarana Olahraga

Institusi telah menyediakan prasarana olahraga di antaranya lapangan bola, lapangan basket, tennis, bulu tangkis, tempat fitnes, dll.

 

  • Layanan Akademik Online

Universitas Telkom memiliki fasilitas layanan akademik online baik bagi mahasiswa dan dosen yang diberi nama i-Gracias. IGracias menampilkan seluruh sarana dan layanan akademik yang ada di Universitas Telkom secara lengkap.

 

  • Tersedianya fasilitas umum lainnya,
  • masjid yang menampung 3000 jamaah,
  • food court di beberapa titik,
  • koperasi,

IMG_1202IMG_1152Gedung Kuliah UmumIMG_1317