S1 Sistem Informasi

Pemrograman Berorientasi Objek

Kode Mata Kuliah     : BBK1JAB3
SKS                               : 3 SKS
Semester                     : 2

Mata Kuliah mengenai paradigma Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) dengan menggunakan bahasa Java. Siswa diasumsikan sudah mengenal pemrograman pada kuliah Algoritma dan Pemrograman. Mata kuliah dirancang agar siswa mengenal konsep PBO, bisa menggunakan class diagram dan object diagram dalam menganalisa obyek dan kelas. Mengerti dan bisa memanfaatkan pewarisan, polimorfisme, overriding, overloading dalam merancang dan membuat aplikasi. Siswa juga diperkenalkan dengan paradigma Test Driven dalam mengembangkan aplikasi

Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi
PLO 1[PLO01] Mampu menganalisis permasalahan infokom yang komplek, mendefinisikan, dan memodelkan kebutuhan dalam konteks enterprise atau masyarakat dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang komputasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan disiplin lain yang relevan
PLO 2[PLO02] Mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan organisasi menuju data-driven organization.
Course Learning Outcome (CLO)
PLO yang didukung
CLO 1[PLO01-CLO08] Mampu memahami konsep dasar bidang infokom yang digunakan dalam lingkup disiplin ilmu sistem informasiPLO 1
CLO 2[PLO02-CLO03] Mampu mengimplementasikan solusi berbasis sistem informasi menggunakan metodologi pengembangan yang tepatPLO 2
Materi Pembelajaran
1
Pengantar Konsep PBO & Sintaks Dasar Bahasa Pemrograman - Type data - Variabel - Operators - Console input/output
2
Pemilihan dan Pengulangan - Statement IF - Statement Case - Statement While
3Array 1D & 2D
4Class - Object
5Method/Encapsulasi - Class & method access Modifier
6Konsep Inheritance, Abstract, dan Interface
7
Konsep-konsep dasar Java (variable, operator, Object, Class) dan struktur data array
8Ujian Tengah Semester
9Konsep Polimorfisme, Overriding, Overloading
10Penanganan Eksepsi
11Desain Class Diagram dengan UML
12Java FX
13Praktik Java FX
14Java File I/O
15Tugas 2 (Aplikasi OOP)
16
Ujian Akhir Semester (Konsep Polimorfisme, Overriding, Overloading; Penanganan Eksepsi; Desain Class Diagram dengan UML; GUI Java Fx; File I/O)