Program Outcome (PO)

Capaian pembelajaran (CP)/Program Outcome (PO) Program Studi Sistem Informasi yang sesuai KKNI (Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012) yang mengandung 4 (empat) unsur, yaitu unsur sikap dan tata nilai, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggung jawab (keterampilan Umum dalam SN Dikti), dan unsur kemampuan kerja (Keterampilan Khusus dalam SN DIKTI) yang merupakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sesuai dengan Peraturan Menteri No. 049 Tahun 2014 untuk kualifikasi KKNI jenjang 6 (S1).Uraian tentang parameter pembentuk setiap Deskriptor KKNI Level 6 untuk menentukan capaian pembelajaran program studi S1 Sistem Informasi adalah sebagai berikut.

  1. Sikap dan Tata Nilai, yaitu perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual, personal, maupun sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  2. Pengetahuan, merupakan rumusan tingkat keluasan, kedalaman, dan kerumitan/kecanggihan pengetahuan tertentu yang harus dimiliki, sehingga makin tinggi kualifikasi seseorang dalam KKNI ini dirumuskan dengan makin luas, makin dalam, dan makin canggih pengetahuan/keilmuan yang dimilikinya.
  3. Keterampilan Umum, merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  4. Keterampilan Khusus, menunjukkan kemampuan kerja di bidang Sistem Informasi, metode /cara yang digunakan, menyatakan tingkat kualitas hasil yang dapat dicapai serta tingkat tanggung jawab dalam bidang kerja Sistem Informasi.

Toggle di bawah ini menjelaskan secara spesifik mengenai capaian pembelajaran program studi Sarjana Sistem Informasi untuk setiap unsur yang sesuai dengan KKNI dan SN Dikti.

  1. Kemampuan untuk bekerja secara efektif di dalam tim untuk mencapai tujuan bersama (PO4).
  2. Pemahaman terhadap isu dan tanggungjawab profesi, etika, hukum, keamanan, dan sosial (PO5).
  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan di bidang komputasi dan matematika yang sesuai dengan disiplin ilmu (PO1).
  2. Kemampuan untuk merancang, melakukan implementasi dan mengevaluasi sistem berbasis komputer, proses, komponen, atau program untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan (PO3).
  3. Kemampuan untuk menganalisis dampak lokal dan global dari komputasi individu, organisasi dan masyarakat (PO7).
  1. Kemampuan menganalisis permasalahan, melakukan identifikasi dan mendefinisikan kebutuhan komputasi yang bersesuaian dengan solusi (PO2).
  2. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta yang beragam (PO6).
  3. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keahlian dan kakas terkini yang diperlukan untuk praktek komputasi (PO9),
  1. Pemahaman dan kemampuan untuk mendukung penggunaan, penyampaian, dan pengelolaan sistem informasi dalam lingkungan Sistem Informasi [IS] – (PO10).
  2. Pemahaman untuk menerapkan pengetahuan bisnis dalam mengembangkan kapasitas menjadi technopreneurship (PO11).