S1 Sistem Informasi

Manajemen Layanan Teknologi Informasi

Kode Mata Kuliah     : BBK3OBB3
SKS                               : 3 SKS
Semester                     : 6/7

Deskripsi Matakuliah 

Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi
PLO 1 [PLO01] Mampu menganalsis permasalahan infokom yang komplek, mendefinisikan, dan memodelkan kebutuhan dalam konteks enterprise atau masyarakat dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang komputasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan disiplin lain yang revelan.
PLO 2 [PLO02] Mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan organisasi menuju data-driven organization.
PLO 3 [PLO03] Mampu untuk bekerja secara kolaboratif, proaktif, dan bertanggungjawab dalam tim untuk mencapai tujuan bersama dalam berbagai kontek profesional.
PLO 6 [PLO06] Mampu menganalisis peran dan dampak dari sistem dan teknologi informasi terhadap upaya pembangunan berkelanjutan baik di level individu, organisasi, dan masyarakat.
Course Learning Outcome (CLO)
PLO yang didukung
CLO 1 [PLO01-CLO03] Mampu mengidentifikasi kebutuhan sistem informasi dalam konteks enterprise atau masyarakat PLO 1
CLO 2 [PLO02-CLO01] Mampu membuat perancangan sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan organisasi menuju datadriven organization PLO 2
CLO 3 [PLO03-CLO02] Mampu menerapkan sikap adaptif dalam berbagai konteks profesional untuk mencapai tujuan bersama PLO 3
CLO 4 [PLO06-CLO-01] Mampu menjelaskan peran dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan sistem dan teknologi informasi dalam konteks individu, bisnis, maupun organisasi PLO 6
Materi Pembelajaran
1Konsep kunci manajemen layanan
2Empat Dimensi Manajemen Layanan
3General management practices, Service management practices, Technical management practices
4 General management practices, Service management practices, Technical management practices
5 General management practices, Service management practices, Technical management practices
6

Praktikum Modul 1 :

a. Pengenalan framework ITIL dan IT Service Desk Manage Engine Tools
b. Access Management dan Catalogue Management

7Praktikum Modul 3: CMDB dan Request Fulfillment
8Ujian Tengah Semester (UTS)
9General, Service, Technical Management Practices
10IT Service Management Process Assessment
11IT Service Management Process Assessment 
12IT Service Management Process Assessment
13Praktikum Modul 4: Incident Management dan Problem Management
14Praktikum Modul 5 : Change Management
15IT Service Management Process Assessment
16 IT Service Management Process Assessment