Pemrograman Berorientasi Objek
Kode Mata Kuliah : BBK1JAB3
SKS : 3 SKS
Semester : 2
Mata Kuliah mengenai paradigma Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) dengan menggunakan bahasa Java. Siswa diasumsikan sudah mengenal pemrograman pada kuliah Algoritma dan Pemrograman. Mata kuliah dirancang agar siswa mengenal konsep PBO, bisa menggunakan class diagram dan object diagram dalam menganalisa obyek dan kelas. Mengerti dan bisa memanfaatkan pewarisan, polimorfisme, overriding, overloading dalam merancang dan membuat aplikasi. Siswa juga diperkenalkan dengan paradigma Test Driven dalam mengembangkan aplikasi
Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi | ||
PLO 1 | [PLO01] Mampu menganalisis permasalahan infokom yang komplek, mendefinisikan, dan memodelkan kebutuhan dalam konteks enterprise atau masyarakat dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang komputasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan disiplin lain yang relevan | |
PLO 2 | [PLO02] Mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan organisasi menuju data-driven organization. | |
Course Learning Outcome (CLO) | PLO yang didukung | |
CLO 1 | [PLO01-CLO08] Mampu memahami konsep dasar bidang infokom yang digunakan dalam lingkup disiplin ilmu sistem informasi | PLO 1 |
CLO 2 | [PLO02-CLO03] Mampu mengimplementasikan solusi berbasis sistem informasi menggunakan metodologi pengembangan yang tepat | PLO 2 |
Materi Pembelajaran | |
1 | Pengantar Konsep PBO & Sintaks Dasar Bahasa Pemrograman - Type data - Variabel - Operators - Console input/output |
2 | Pemilihan dan Pengulangan - Statement IF - Statement Case - Statement While |
3 | Array 1D & 2D |
4 | Class - Object |
5 | Method/Encapsulasi - Class & method access Modifier |
6 | Konsep Inheritance, Abstract, dan Interface |
7 | Konsep-konsep dasar Java (variable, operator, Object, Class) dan struktur data array |
8 | Ujian Tengah Semester |
9 | Konsep Polimorfisme, Overriding, Overloading |
10 | Penanganan Eksepsi |
11 | Desain Class Diagram dengan UML |
12 | Java FX |
13 | Praktik Java FX |
14 | Java File I/O |
15 | Tugas 2 (Aplikasi OOP) |
16 | Ujian Akhir Semester (Konsep Polimorfisme, Overriding, Overloading; Penanganan Eksepsi; Desain Class Diagram dengan UML; GUI Java Fx; File I/O) |