S1 Sistem Informasi

Kewirausahaan

Kode Mata Kuliah     : UCKXBDB2
SKS                               : 2 SKS
Semester                     : 7

Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa yang memiliki ambisi untuk memulai bisnis mereka sendiri dengan mempelajari konsep dasar kewirausahaan; merealisasikan inovasi dan pengembangan ide dengan menyusun business plan; memahami cara kerja bisnis dalam ekonomi digital, bernegosiasi (proses pitching), bertanggung jawab (menyusun laporan keuangan); relasi usaha yang meliputi implementasi dan evaluasi business plan serta mengikuti market day.

Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi
PLO 10[PLO10] Mampu berinovasi dan mengaplikasikan pengetahuan bisnis dalam pengembangan kapasitas menjadi seorang technopreneurship. Course Learning Outcomese (CLO) PLO yang di dukung
Course Learning Outcome (CLO)
PLO yang didukung
CLO 1CLO1 Mampu memahami konteks kewirausahaan melalui perspektif proses, ekosistem, tipe, implikasi, pola historical, interaksi antar framing suatu bisnis melalui desain ide bisnisPLO 10
CLO 2CLO2 Mampu merancang Business Plan untuk mendapatkan investasi modal usahaPLO 10
CLO 3CLO3 Mampu mengimplementasikan Business Plan dan mengembangkan usaha dengan menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan digital marketing dan sikap
positif yang dimiliki sehingga mampu menghasilkan keuntungan.
PLO 10
Materi Pembelajaran
1• Definisi kewirausahaan
• Karakteristik kewirausahaan
2
• Definisi inovasi
• Kegunaan inovasi/pengembangan ide
• Contoh kasus [Pembentukan Kelompok Bisnis][Pembuatan Ide Bisnis yang realistis, tidak melanggar peraturan universitas, bukan bersifat pre-order dan bisa dijual dalam waktu 3 minggu (minggu 11 awareness, minggu 12 consideration, minggu 13 conversion melalui market day), customer target jelas] [Pembuatan Business Model Canvas] [Merancang sampel produk]
3• Kuliah (bahasa inggris)
• Brainstorming
• Diskusi kelompok
4
• Pengertian marketing mix dan STP:
- Definisi marketing mix dan STP
- Komponen marketing mix dan STP
- Manfaat marketing mix dan STP
- Contoh penggunaan marketing mix dan STP
• Pengertian SWOT:
- Definisi SWOT
- Komponen SWOT
- Manfaat SWOT
- Contoh Penggunaan SWOT [Menyusun business plan] [Menguji sampel produk oleh kelompok bisnis lainnya]
5
• Pengertian lokasi, bahan baku, pemasok, peralatan, dan teknologi:
- Definisi lokasi, bahan baku, pemasok, peralatan, dan teknologi
- Contoh penggunaan lokasi, bahan baku, pemasok, peralatan, dan teknologi
• Pengertian proses produksi dan sumberdaya manusia:
- Definisi proses produksi dan sumberdaya manusia
- Contoh penggunaan proses produksi dan sumberdaya manusia [Menyusun Business Plan] [Menyempurnakan sampel Produk]
6
• Pengertian pendapatan, pengeluaran, laba rugi, arus kas, dan payback period:
- Definisi pendapatan, pengeluaran, laba rugi, arus kas, dan payback period
- Contoh penggunaan pendapatan, pengeluaran, laba rugi, arus kas, dan payback period [Membuat Proyeksi Cashflow] [Menyempurnakan business plan] [Membuat slide presentasi Pitching] [Pendaftaran Pitching di BPA]
7
Negosiasi [Membuat Proyeksi Cashflow] [Menyempurnakan business plan] [Membuat slide presentasi Pitching] [Pendaftaran Pitching di BPA]
8
• Pitching
• Kemampuan negosiasi untuk mendapatkan pendanaan dari investor
9
• Pitching
• Kemampuan negosiasi untuk mendapatkan pendanaan dari investor
10
• Persiapan Produksi & Penjualan [Konfirmasi Hasil Pitching]
11• Praktek Penjualan - Periode Penjualan Pekan 2
12• Periode Penjualan Pekan 3 [MARKET DAY]
13• Evaluasi dan Laporan Akhir Penjualan
14• Evaluasi dan Laporan Akhir Penjualan
15• Evaluasi dan Laporan Akhir Penjualan
16• Evaluasi dan Laporan Akhir Penjualan