Pancasila
Kode Mata Kuliah : UBKXBCB2
SKS : 2 SKS
Semester : 8
Pada mata kuliah ini mempelajari urgensi mempelajari pendidikan Pancasila untuk masa depan, membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam berbagai kajian.
Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi | ||
PLO 4 | [PLO04] Mampu Menerapkan Pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif terhadap isu dan tanggung jawab profesional dan sosial berdasarkan agama, moral, etika, dan regulasi, dalam upaya pembangunan berkelanjutan | |
Course Learning Outcome (CLO) | PLO yang didukung | |
CLO 1 | CLO1.Mahasiswa mampu menjelaskan Urgensi Pancasila dan Pancasila dalam Kajian Sejarah | PLO 4 |
CLO2 | CLO2.Mahasiswa mampu menganalisis Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara | PLO 4 |
CLO3 | CLO3.Mahasiswa mampu menganalisis Pancasila sebagai sistem filsafat, Etika, dan Dasar Nilai Pengembangan Ilmu | PLO 4 |
Materi Pembelajaran | |
1 | 1. Pengantar Pendidikan Pancasila (Konsep dan Urgensi, Alasan diperlukan, Sumber historis-politik-sosiologis) |
2 | 2. Dinamika, Esensi dan Urgensi Pendidikan Pancasila (Membangun argumen tentang dinamika dan tantangan) |
3 | 3. Konsep dan Urgensi Pancasila dalam arus Sejarah (Menelusuri konsep Pancasila dalam sejarah bangsa) |
4 | 4. Dinamika, Tantangan serta Urgensi Pancasila dalam kajian sejarah di masa depan |
5 | 5. Konsep dan urgensi dasar negara (Konsep negara, alasan Pancasila sebagai dasar negara) |
6 | 6. Dinamika, Tantangan, Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai dasar negara |
7 | 7. Pancasila sebagai Ideologi negara (Konsep, sumber, dan tantangan di masa depan) |
8 | 8. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Pancasila sebagai Kajian sejarah, Dasar dan Ideologi Negara |
9 | 9. Konsep Pancasila sebagai sistem Filsafat (Alasan dan sumbernya) |
10 | 10. Dinamika, Tantangan serta Urgensi Pancasila sebagai sistem filsafat di masa depan |
11 | 11. Konsep Pancasila sebagai sistem Etika (Alasan dan sumbernya) |
12 | 12. Dinamika, Tantangan serta Urgensi Pancasila sebagai sistem etika di masa depan |
13 | 13. Konsep Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu |
14 | 14. Dinamika, Tantangan serta Urgensi Pancasila sebagai sistem Dasar Nilai Pengembangan Ilmu |
15 | Refleksi perkuliahan dan evaluasi untuk proyek riset |
16 | Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu (Presentasi akhir) |