Perancangan Interaksi
Kode Mata Kuliah : BBK2EAB3
SKS : 3 SKS
Semester : 3
Program Learning Outcomes (PLO) / CPL Prodi | ||
PLO 1 | [PLO01] Mampu menganalisis permasalahan infokom yang komplek, mendefinisikan, dan memodelkan kebutuhan dalam konteks enterprise atau masyarakat dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan dalam bidang komputasi, teknologi informasi dan komunikasi, dan disiplin lain yang relevan. | |
PLO 2 | [PLO02] Mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan organisasi menuju data-driven organization. | |
PLO 5 | [PLO05] Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dalam berbagai konteks profesional. | |
Course Learning Outcome (CLO) | PLO yang didukung | |
CLO 1 | [PLO01-CLO01] Mampu menjelaskan dasar perancangan interaksi | PLO 1 |
CLO 2 | [PLO01-CLO02] Mampu mengindentifikasi permasalahan dan mendefinisikan kebutuhan sistem | PLO 1 |
CLO 3 | [PLO02-CLO03] Mampu menerapkan prinsip dan style interaksi dalam setiap proses perancangan interaksi | PLO 2 |
CLO 4 | [PLO02-CLO04] Mampu menguji produk dengan metode pengujian usability | PLO 2 |
CLO 5 | [PLO05-CLO05] Mampu mengkomunikasikan hasil perancangan interaksi dalam | PLO 5 |
Materi Pembelajaran | |
1 | Dasar Perancangan Interaksi - Definisi & Proses |
2 | Dasar Perancangan Interaksi - Mental Model |
3 | Dasar Perancangan Interaksi - Design Process |
4 | Pengenalan User Research & Usability Testing |
5 | Ideation Studio - Sketching |
6 | Prinsip Perancangan Interaksi 1 - Prinsip Usability |
7 | Prinsip Perancangan Interaksi 2 - Prinsip Interaksi |
8 | Ujian Tengah Semester |
9 | GESTALT & Desain Pattern |
10 | Pola User Interface 1 |
11 | Pola User Interface 2 |
12 | Pengenalan Tools Figma - Dasar |
13 | Pengenalan Tools Figma - Merancang System Behaviour |
14 | Iterasi Desain 1 |
15 | Iterasi Desain 2 |
16 | Presentasi Tugas Besar |